SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 Juli 2014
Pencarian Arsip

Pilot Lokal Garuda Terima Manfaat Lebih Besar dari Pilot Asing
Selasa, 9 Agustus 2011 | 8:09

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar usai menerima Crackership Award. (Foto: SP/Lona Olavia)
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar usai menerima Crackership Award. (Foto: SP/Lona Olavia)

[JAKARTA] Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Emirsyah Satar menegaskan, pendapatan tahunan yang akan diterima pilot asing secara hitungan lebih sedikit dari yang diterima pilot domestik. Jadi, agak diherankan jika pilot maskapai penerbangan pelat merah itu melakukan pemogokan massal dan menganggap pendapatan yang diterimanya lebih sedikit dibandingkan pilot asing.

“Isu mereka pilot asing dibayar lebih daripada pilot Indonesia, itu isunya. Tapi, mereka lupa bahwa asing itu dikontrak dengan gaji 12 kali setahun, sedangkan lokal sampai 15,5 kali dalam setahun. Tiap tahun pilot asing juga gampang untuk putus kontrak,” ucapnya dalam media visit ke kantor harian SP, Jakarta, Senin (8/8).

Tambah Emir, pilot lokal juga diberi tunjangan kesehatan dan tunjangan terbang per bulan, lebih dari 200 jam dibayar, sedangkan pilot asing tidak dibayar. Jadi, kalau dihitung sebenarnya tak jauh beda. “Secara benefit sebenarnya pilot lokal lebih untung,” tegasnya.

Sementara itu, pertumbuhan industri penerbangan menurut Emir mulai terjadi pada 2010 hingga tahun ini, tak heran pihaknya harus mengontrak pilot asing untuk bekerja di Garuda. Di tempat yang sama Direktur Operasional Garuda Ari Sapari menambahkan, sebenarnya Garuda bisa memenuhi kekurangan pilot itu dari sekolah penerbangan milik Garuda, yakni Bali International Flight Academy (BIFA) yang berada di Buleleng, Bali Utara. Namun, karena masa kualifikasi calon pilot yang agak lama sekitar 5-6 tahun maka pihaknya terpaksa mengambil pilot asing.

“2010, 2011 industri penerbangan tumbuh cepat, makanya pakai asing. Sambil nunggu pelan-pelan dari sekolah kita yang di Bali,” imbuh Emir. [O-2]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»