SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 27 Juli 2014
Pencarian Arsip

Menhub Imbau Jasa Transportasi Perhatikan Penyandang Cacat
Senin, 1 Agustus 2011 | 16:48

Menteri Perhubungan Freddy Numberi (Foto: Google) Menteri Perhubungan Freddy Numberi (Foto: Google)

[JAKARTA] Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi mengimbau agar jasa transportasi memberikan perhatian dan kepedulian kepada para pengguna transportasi yang memiliki kebutuhan khusus. Pasalnya, dalam Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Bab XI Pasal 341 ditegaskan bahwa Badan Usaha Penyelenggara Angkutan wajib menyediakan pelayanan berupa perlakuan khusus dan fasilitas khusus bagi penyandang cacat.

"Maskapai penerbangan termasuk regulator maupun operator layanan jasa transportasi dapat segera menindaklanjuti ketentuan yang telah diamanahkan Undang-Undang Transportasi," tegasnya dalam penandatanganan MoU Kemenhub dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) tentang Penyediaan Fasilitas Aksesibilitas Layanan Transportasi Bagi Orang Berkebutuhan Khusus di gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (1/8).

Dalam Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Bab XI Pasal 341 disebutkan bahwa "penyandang cacat, orang lanjut usia, dana anak-anak berhak memperoleh pelayanan berupa perlakuan dan fasilitas khusus dari badan usaha angkutan udara. Pelayanan berupa perlakuan dan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud meliputi tersedianya personel yang khusus bertugas untuk melayani atau berkomunikasi dengan penyandang cacat, orang sakit, dan lanjut usia serta tersedianya informasi atau petunjuk tentang keselamatan bangunan bagi penumpang di terminal dan sarana lain yang dapat dimengerti oleh penyandang cacat, orang sakit, dan lanjut usai."

Selain pada maskapai, Ketua III SIKIB Sylvi Agung Laksono juga mengharapkan agar moda transportasi seperti pelayaran dan kereta api juga dapat menyediakan kebutuhan bagi penyandang cacat. [O-2]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»