SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 23 Juli 2014
Pencarian Arsip

Barry Callebaut Comextra Incar Produksi Kakao 28.000 Ton
Sabtu, 26 November 2011 | 7:07

Pohon kakao [google] Pohon kakao [google]


[MAKASSAR] PT Barry Callebaut Comextra Indonesia bakal menggenjot produksi kakao dengan nilai investasi awal sebesar US$ 33 juta.

Perusahaan gabungan antara Barry Callebaut AG, produsen produk cokelat dan kakao dan PT Comextra Majora, perusahaan yang menghasilkan soft commodities  yang juga merupakan eksportir kakao dan jambu mete (cashew kernels) itu akan mendirikan fasilitas pengolahan kakao baru di Makassar, Sulawesi dengan kapasitas penggilingan kakao awal sebesar 28.000 ton per tahun.

Adapun, operasional pabrik akan dimulai pada awal 2013. Seperti diketahui, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia.

Dalam hal ini, Direktur Utama PT Comextra Majora sekaligus presiden komisaris Jimmy Wisan mengatakan, Barry Callebaut akan menguasai 60% kepemilikan sahamnya, dan Comextra Majora sebesar 40%. Nantinya, Barry Callebaut akan bertanggung jawab atas pengelolaan pabrik dan akan membeli produk yang dihasilkan, sedangkan  Comextra Majora akan memanfaatkan pengalamannya selama lebih dari 20 tahun dalam menyediakan sumber kakao untuk memasok pabrik dengan biji kakao berdasarkan perjanjian pasokan berjangka panjang.

"Usaha kakao yang berkelanjutan ini akan menjamin pendapatan yang lebih besar bagi para petani kakao dan akan memastikan persedian kakao yang memadai untuk rencana pengembangan di masa depan serta meningkatkan jumlah kakao bersertifikasi dalam waktu," ujar CEO Barry Callebaut  Juergen Steinemann.

Sementara itu, Presiden Global Sourcing & Cocoa Barry Callebaut Steven Retzlaff, menambahkan, pabrik baru pengolahan kakao di Indonesia itu diharapkan  akan membantu memenuhi permintaan yang meningkat atas produk kakao di wilayah Asia-Pasifik yang sedang bertumbuh pesat. [PR/O-2]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»